Ini Alasan Kenapa Brain Academy Online Layak Jadi Teman Belajar Kamu!

alasan-brain-academy-online-layak-jadi-teman-belajar-kamu

alasan-brain-academy-online-layak-jadi-teman-belajar-kamu

Kalau Bapak, Ibu, atau adik-adik sekalian lagi cari-cari informasi dan review mengenai bimbingan belajar Brain Academy Online dari Ruangguru, mungkin artikel ini bisa banyak membantu. Yuk, langsung dibaca!

Sambil nunggu series The Glory part 2 tayang, nggak sengaja nemu tontonan drakor Sky Castle yang bikin rela begadang sampe jam 2 pagi. Ya… ya… agak telat emang baru nonton sekarang. Karena drama ini udah booming lama sebenarnya, sekitar 4 tahun yang lalu. Ada yang belum nonton? Ini drama gokil parah!

drama-sky-castle

Drama Korea Sky Castle (Sumber: Netflix.com)

Drama ini nyeritain tentang orang-orang yang tinggal di komplek elite bernama Sky Castle, dengan segala keserakahan mereka untuk jadi orang sukses. Mereka berlomba-lomba untuk naik ke tingkatan sosial paling atas, ambis mengejar status, jabatan, maupun pendidikan.

Selama nonton episode per episode, aku agak bergidik ngeliat obsesi para orang tua yang mau anaknya selalu jadi juara kelas, masuk sekolah, maupun kampus nomor satu di Korea Selatan. Sampai nggak tanggung-tanggung buat sewa pengajar privat profesional dengan bayaran yang fantastis.

Anyway, terlepas dari segala macam konfliknya, pada kenyataannya, setiap orang tua pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk kesuksesan anaknya. Betul nggak, sih?

Bapak atau Ibu juga pengin kan anaknya bisa bersekolah di tempat yang berkualitas atau masuk ke perguruan tinggi ternama. Makanya, nggak jarang, Bapak atau Ibu mencarikan bimbingan belajar untuk mendukung kemampuan belajar anak di sekolah. Yaaa… meskipun jangan sampai terobsesi kayak para orang tua di drama Sky Castle, yah. Hohoho…

Nah, buat Bapak, Ibu, atau adik-adik yang lagi cari-cari informasi tentang rekomendasi bimbingan belajar, pas banget nih, di sini aku bakal ngejelasin informasi fasilitas, kelebihan, dan kekurangan Brain Academy Online dari Ruangguru yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kalian.

 

Kenapa sih Brain Academy Online layak jadi teman belajar anak/kamu?

Sebagai awalan, review ini aku buat berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan aplikasi ini, ya. Kebetulan, aku pakai Brain Academy Online paket Regular dan udah cukup lama, sekitar 2 tahun, loh! Dari masih jamannya pandemi sampai PPKM udah dibubarin Pak Jokowi. Wkwkwk… senyaman ituh~

Fyi aja, aku pakai Brain Academy Online untuk kebutuhan belajar adik, sekaligus referensi untuk mengajar siswa. Hehe.

Setau aku, Brain Academy Online ini ada banyak tipe paketannya. Dari mulai Starter, Regular, Premium, sampai Elite. Nah, masing-masing paket punya kelengkapan fasilitas yang berbeda. Tentunya, kalau Bapak, Ibu, atau adik-adik ambil paketan yang semakin eksklusif, akan semakin lengkap juga fasilitas yang didapat.

macam-macam-paket-brain-academy-online

Macam-macam paket Brain Academy Online (Sumber: brainacademy.id)

 

Fasilitas Brain Academy Online

Untuk fasilitas Brain Academy Online paket Regular, aku nggak cuma bisa belajar mandiri dengan nonton video belajar aja. Tapi, aku juga berkesempatan untuk belajar bareng Star Master Teacher secara daring (online). Menurut aku, ini satu keunggulan yang nggak didapat dari aplikasi belajar lainnya, ya. Karena dengan model belajar interaktif ini, kita bisa langsung tanya-tanya poin materi yang nggak dipahami.

Di sini, aku dapat modul digital untuk bekal tambahan belajar dan sharing soal. Materi yang disediakan di Brain Academy Online udah hampir mencakup semua jenjang, dari kelas 3 SD sampai 12 SMA. Beberapa jenjang kelas bahkan udah update ke Kurikulum Merdeka, loh! Ini salah satu poin yang aku cari juga untuk bahan ajar anak-anak.  

Nah, kalau udah musim-musim ujian kayak PTS atau PAS, di Brain Academy Online akan menyediakan program TryOut gratis + pembahasan. Lumayan kan, untuk uji coba, udah sejauh mana kemampuan anak/kamu dalam memahami materi.

Sebenarnya, di Brain Academy Online ini juga menyediakan fasilitas Klinik PR. Jadi, anak/kamu bisa diskusi bahas PR bareng kakak-kakak Star Master Teacher. Sayangnya, fasilitas ini hanya tersedia di paket Premium dan Elite. Untuk paket Regular yang aku ambil, belum dapat, nih. Hiks T T 

Buat adik-adik yang mau masuk kelas 12, Brain Academy Online juga menyediakan fasilitas, seperti Tes Minat Bakat, konseling, TryOut UTBK, dan rasionalisasi. Menurut aku, ini udah worth it banget sih. Bahkan, fasilitas-fasilitas persiapan UTBK ini juga tersedia di paket Starter dan Regular. 

Di Brain Academy Online juga ada klub hobi nya, loh! Hahaha… ini yang unik. Klub hobi ini tuh kayak ekskul gitu loh kalau di sekolah. Dari mulai klub bahasa, fotografi, video editing, debat, gambar, semua ada! Dan aku baru tau juga, kalau kita nggak cuma bisa diskusi atau ngobrol secara online aja, tapi bisa ketemu langsung di Brain Academy cabang.

Mmm… terus apa lagi ya??? Oh! Buat Bapak atau Ibu selaku orang tua, di Brain Academy Online juga menyediakan fasilitas rapor untuk memantau perkembangan belajar anak. Kan… kan…  kan… kurang lengkap apa lagi coba kan… (kenapa jadi kayak sales, lol!).

fasilitas-brain-academy-online

Beragam fasilitas Brain Academy Online (Sumber: brainacademy.id)

 

Kelebihan dan Kekurangan Brain Academy Online

Well, kita masuk ke kelebihan dan kekurangan aplikasi belajar satu ini, ya. Aku bahas kelebihannya dulu deh. Pertama, udah pasti fasilitasnya lengkap banget!!! Jujur, buat aku yang cuma ambil paket Regular (nggak eksklusif-eksklusif banget), aku udah ngerasa fasilitas yang didapat tuh lengkap abieez… Mulai dari materi video belajar, Live Teaching, modul, TryOut, sampai program-program persiapan UTBK.

Nah, kalau Bapak, Ibu, atau adik-adik ambil paket yang lebih eksklusif, pasti bakal jauh lebih lengkap lagi. Kayak tadi tuh, ada fasilitas Klinik PR, modul belajarnya juga bisa dapat yang cetak, kuantitas Live Teaching dan TryOut-nya juga bisa lebih banyak.

Kedua, materi belajarnya udah update ke Kurikulum Merdeka. Poin ini jadi salah satu alasan aku buat lanjut pakai Brain Academy Online. Ngebantu banget untuk jadi referensi materi ajar anak-anak.

Ketiga, selain menyediakan fasilitas belajar, di Brain Academy Online juga tersedia klub hobi untuk mengembangkan skill dan kreativitas anak. Jadi, kalau lagi bosan belajar, kamu bisa gabung ke klub hobi aja. Ngobrol bareng teman-teman yang lain, sharing soal minat dan bakat yang sama.   

fitur-brain-academy-online

Gambaran fitur Brain Academy Online (Sumber: dokumentasi pribadi)

Dipikir-pikir kok nggak ada kekurangannya ya? (WKWKWK perezz, siapa tau bisa diangkat jadi Brand Ambassador Brain Academy :P)

Sebenarnya ini lebih ke preferensi sih, mungkin ada beberapa anak yang lebih mudah paham kalau belajar langsung di kelas, ya. Jadi, ambil paket Brain Academy Online kurang cocok karena belajarnya kurang leluasa dan pol-polan. Hehehe…

Terus, untuk program Kurikulum Merdeka di Brain Academy Online pun juga belum menyeluruh. Hanya tersedia untuk kelas 4-5 SD, 7-8 SMP, dan 10-11 SMA aja, nih. 

Nah, kalau masalah harganya gimana? Menurutku cukup terjangkau, balik lagi ke kantong dan kebutuhan masing-masing, ya. Karena kantongku pas untuk ambil paket Regular, dan dirasa cukup dengan fasilitasnya, jadi aku ambil paketannya yang itu aja.

Tapiii… setauku, Brain Academy suka ngadain promo-promo gitu, dan bayarnya juga bisa dicicil. Jadi, lebih meringankan yaaa. 🙂

Okedeh, dari pada nanti dikira, aku sales-nya Brain Academy, segitu aja deh review dan informasi seputar Brain Academy Online. Menurut Bapak, Ibu, atau adik-adik, cocok nggak Brain Academy Online jadi teman buat belajar? Bagi yang tertarik untuk langganan, kamu bisa klik link tautan ini untuk informasi lebih lanjut, ya. Kalau ada pertanyaan, bisa tulis di kolom komentar, ya! Paling aku kasih nomer cs-nya Brain Academy. Hihihihi…

Sekian~